3Cristiano Ronaldo, bintang kesebelasan timnas Portugal dan Real Madrid, telah mengantongi berbagai rekor dalam karier profesionalnya, mulai dari trigol (hattrick) terbanyak dalam satu musim Liga Spanyol, jumlah gol terbanyak dalam satu musim, hingga gol terbanyak dalam satu putaran Liga Champions.

Kini satu gol di helatan Piala Eropa akan menggiring Ronaldo ke gerbang rekor selanjutnya di level internasional, pemain pertama yang memetik gol di empat penyelenggaraan Piala Eropa berbeda.

Ronaldo sendiri memulai perjalanannya di Piala Eropa pada 2004 silam ketika Portugal menjadi tuan rumah. Kala itu ia mengantarkan negaranya ke final, tapinya kalah menyakitkan dari timnas Yunani di partai puncak.

Eks pemain Manchester United itu juga kembali bermain di dua turnamen selanjutnya. Total enam gol dicetak Ronaldo pada tiga turnamen itu dengan cara selalu mencetak dua gol pada setiap helatan.

Tapinya Ronaldo kemungkinan besar akan berbagi rekor itu dengan bomber timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Sama seperti dirinya, Ibrahimovic juga telah bermain di tiga kali penyelenggaraan Piala Eropa dan selalu mencetak minimal satu gol. Ibrahimovic juga kini telah mengoleksi total enam gol dari seluruh penyelenggaraan Piala Eropa.

Keduanya juga punyai peluang untuk mengalahkan rekor Michel Platini sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Eropa. Legenda timnas Perancis itu mencetak sembilan gol ketika membawa tim Ayam Jantan menjadi juara pada 1984 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here