Selain Juara, Chile Borong Gelar Individu Copa America

10


Chile benar-benar mendominasi Copa America Centenario 2016. Selain sukses meraih gelar setelah melibas Argentina, tim besutan Juan Antonio Pizzi juga mendominasi penghargaan individu di ajang tersebut.

Tertulis ada tiga dari empat gelar penghargaan bagi para pemain yang direbut punggawa Chile. Ketiga penghargaan itu ialah bola emas, sepatu emas, dan sarung tangan emas.

Penghargaan bagi pemain terbaik di Copa America Centenario atau bola emas, resmi dimiliki oleh Alexis Sanchez yang tak pernah absen di setiap pertandingan Chile.

Meski hanya memetik tiga gol, tapinya kontribusi Sanchez dianggap penting bagi Chile sepanjang turnamen tersebut. Pemain Arsenal itu memang kerap membahayakan tim lawan dengan pergerakan dan umpan-umpannya dari sisi sayap lapangan.

Selain Sanchez, pemain Chile yang mendapati penghargaan individu ialah Claudio Bravo. Kiper sekaligus kapten kesebelasan Chile itu meraih sarung tangan emas karena kepiawaiannya menjaga gawang La Roja.

Di bawah penjagaan Bravo, Chile memang hanya kecolongan lima gol sepanjang turnamen tersebut. Kelima gol itu hanya dialami sepanjang babak penyisihan grup. Gawangnya tetap perawan sejak perempat final, terkecuali dua gol lewat adu penalti di final.

Dominasi Chile pada helatan ini dilengkapi oleh raihan Eduardo Vargas. Striker Hoffenheim itu menyabet gelar pencetak gol terbanyak.

Vargas sukses menorehkan enam gol ke gawang lawan-lawannya dan pantas mendapati gelar sepatu emas. Uniknya, keenam gol itu hanya terpetik di dua pertandingan.

Dua gol dipetik Vargas kala Chile melibas Panama dengan skor 4-2 di babak penyisihan grup. Empat gol lain lahir dari kaki pemain berusia 26 tahun itu saat negaranya melumat Mexico dengan skor telak 7-0.

Satu-satunya gelar yang luput dari genggaman Chile di Copa America Centenario ialah Fair Play Award. Penghargaan tersebut menjadi milik skuat Argentina yang dinilai cenderung bermain bersih sepanjang turnamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *