2


Friendly Match – Meskipun hanya laga persahabatan tapinya aroma rivalitas kedua kesebelasan jelas terlihat dengan materi pemain yang diturunkan. Prancis meraih kemenangan pada laga persahabatan melawan Italia di kota Bari, Jumat (2/9/2016) dini hari WIB. Les Bleus menang 3-1 pada laga tersebut.

Kemenangan ini menandai restart bagi Prancis setelah dilibas oleh Portugal di final Piala Eropa 2016 Juli lalu. Sementara buat Italia, ini bukan start yang bagus di tangan pelatih anyar mereka, Giampiero Ventura.

Laga yang dilangsungkan di Stadion San Nicola, kandang Bari, klub yang juga pernah ditukangi oleh Ventura, Italia tampil dengan pemain-pemain utama mereka, seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, hingga Daniele De Rossi. Bahkan, salah satu gelandang andalan mereka yang tidak ambil bagian di Euro 2016, Marco Verratti, juga tampil di laga ini.

Tapinya, demikian juga dengan Perancis. Kendati pun tidak diperkuat Hugo Lloris di bawah mistar gawang, Prancis masih menampilkan Paul Pogba, N’Golo Kante, Blaise Matuidi, Olivier Giroud, hingga Antoine Griezmann.

Kendati Prancis tampil dengan selisih dua gol, kedua skuat sebenarnya sama-sama miliki banyak peluang untuk memetik gol. Italia memiliki 12attempts, meski hanya 2 di antaranya yang mengarah tepat sasaran. Sedangkan Prancis melepaskan 10 attempts, tetapi 5 di antaranya on target.

Prancis unggul lebih dulu ketika laga memasuki menit ke-17. Adalah Anthony Martial yang menjadi pemetik golnya. Pemain berusia 20 tahun itu membobol gawang Buffon lewat sepakan kaki kanan usai menerima umpan terobosan dari rekan setimnya di Manchester United, Paul Pogba.

Tapinya, Italia tidak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Empat menit selepas gol Martial itu, Graziano Pelle mengubah kedudukan menjadi 1-1 setelah menyelesaikan umpan silang datar yang dilepaskan oleh Eder dengan baik.

Laga berlangsung sengit setelahnya. Matuidi sempat mendapatkan kans, tapinya Giroud-lah yang akhirnya membawa Prancis unggul kembali.

Pada menit ke-28, Perancis peroleh sepak pojok. Awalnya, sepak pojok tersebut bisa ditahan oleh pemain-pemain Italia, tapinya bola dikembalikan lagi ke dalam kotak penalti Italia oleh pemain-pemain Prancis. Bek Layvin Kurzawa menyundul bola ke dalam kotak penalti, lalu Giroud menyelesaikannya dengan sepakan voli kaki kiri.

Menjelang babak pertama usai, Italia sempat dapatkan dua buah peluang, masing-masing lewat Eder dan Antonio Candreva. Tapinya sangat disayangkan, tidak ada satu pun tendangan keduanya yang mengarah tepat sasaran.

Di babak paruh kedua, saling berbalas serangan masih dilangsungkan. Pada menit ke-54, Griezmann sempat mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tetapi, tendangannya melambung.

Prancis baru bisa menambah pundi golnya di menit ke-80. Jika di gol kedua Kurzawa menjadi penyumbang assist, kali ini giliran dia yang jadi pencetak golnya. Bek Paris Saint-Germain itu menerima operan dari Pogba di sisi kiri, sebelum akhirnya melepaskan tendangan terarah dari sudut sempit. Skor 3-1 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain
Italia: Buffon (Donnarumma 45), Astori, Chiellini, Barzagli (Rugani 45), De Sciglio (Florenzi 58), Parolo, De Rossi (Montolivo 45), Bonaventura (Verratti 66), Candreva, Eder (Belotti 75), Pelle.

Prancis: Mandanda, Koscielny (Umtiti 83), Varane, Sidibe, Kurzawa, Kante, Matuidi (Sissoko 63), Pogba, Martial (Gignac 45), Griezmann (Dembele 63), Giroud (Payet 45).

https://www.youtube.com/watch?v=eOdSxuU_KrQ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here