Juarai Copa America, Vidal Puji Generasi Chile

6Playmaker Timnas Chile, Arturo Vidal, memberikan sanjungan kepada seluruh rekannya setelah berhasil mempertahankan gelar Copa America, pada Senin kemarin.

Chile memastikan diri sebagai juara setelah menggasak Argentina di partai final lewat adu penalti. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di babak reguler dan perpanjangan waktu. Di babak tos-tosan, Chile menang 4-2.

Meski Copa America Centenario hanyalah sebuah turnamen untuk merayakan satu abad Copa America, dan kesebelasan juara tak berhak mewakili CONCACAF di Piala Konfederasi, tapinya tetap dilihat Vidal sebagai generasi Chile yang ideal.

“Ini final yang sangat sulit karena kami berduel dengan negara yang sangat baik. Tapinya yang terpenting adalah kami menang, yang menjadi tujuan kami,” kata Vidal.

“Ini generasi di mana pemain merasa berada di antara yang terbaik. Kesebelasan kami tak memiliki atap, kami bisa terbang setinggi mungkin. Banyak orang yang mempercayai kami,” ujarnya.

Selama helatan Copa America Centenario, Chile raih dua clean sheet, dengan rata-rata memetik gol per laga sebesar 2,5 dan rata-rata kebobolan hanya 0,5. Kemenangan terbesar yang mereka bukukan adalah saat melawan Meksiko, mereka menang 7-0.

Dengan usia rata-rata kesebelasan 26,4 tahun, Chile miliki persentase terbesar untuk mencetak gol terjadi antara menit 45-60.

Momen juara ini hanya berjarak 11 bulan saat Chile juarai Copa America edisi sebelumnya, di mana saat itu mereka bertindak sebagai tuan rumah, juga melawan Argentina dan menang lewat drama adu penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *