Disamping Dybala, Ini 5 Pelaku Free Kick Tersukses

 

TURIN, ITALY - OCTOBER 04:  Paulo Dybala of Juventus FC scores his goal from the penalty spot during the Serie A match between Juventus FC and Bologna FC at Juventus Arena on October 4, 2015 in Turin, Italy.  (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images)


Berita Bola – Terdapat banyak variabel kenapa Real Madrid dan Barcelona ingin memboyong Paulo Dybala. Tapinya, ada beberapa pertimbangan sebelumnya kenapa Juventus bersikukuh menahannya. Bakatnya dalam mengeksekusi ‘Free Kick’ merupakan salah faktornya. Dybala berada di 6 besar daftar pesepakbola dengan perbandingan gol tendangan bebas tertinggi semenjak musim 2012/2013.

Eks pemain berseragam Palermo itu, tercatat sudah melepaskan 4 gol dari 23 upaya. Itu berartinya, 17,3% free kick Dybala berakhir gol. Merupakan catatan mengagumkan, melihat sukarnya menciptakan gol lewat kondisi itu. Buktinya, cuma sedikit pemain yang memiliki reputasi free kick yang mentereng.

Karena, walau free kick merupakan salah satu bentuk latihan yang cukup sering diberikan, tapinya trik agar gol tercatat dari sana sangat sukar dikuasai. Selain Dybala, berikut ini terdapat eksekutor Free Kick terbaik berdasarkan rasio kesuksesan semenjak musim 2012/2013.

1. Marvin Plattenhardt

csm_90638-Marvin-Plattenhardt_640ecf008b


Tak banyak yang mengetahui namanya. Tapi Plattenhardt adalah pemain dengan presentase kesuksesan terbesar. Punggawa dari Hertha Berlin ini mengantongi 6 gol dari 28 kali percobaan tendangan bebas, atau dengan rasio sebesar 21,4%. Mencengangkannya lagi, sepakaan Plattenhardt juga jarang melebar dari gawang. Cuma ada 6 kali percobaan dari pemain berumur 25 tahun itu yang melambung jauh dari sasaran. Sedangkan 16 percobaan lainnya digagalkan kiper.

2. Juan Mata

MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 02: Juan Mata of Manchester United scores the opening goal from a free kick during the Barclays Premier League match between Manchester United and Watford at Old Trafford on March 2, 2016 in Manchester, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)


Mempunyai jumlah gol dari free kick sama seperti Plattenhardt. Tapi, pesepakbola dari Manchester United memperolehnya setelah dari 29 percobaan. Dengan rasio keberhasilan 20,7%, catatan dari Mata tetap bagus. Tapinya, di musim ini dia harus menunggu kesempatan untuk menjadi eksekutor tendangan bebas. Datangnya Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba, ditambah adanya Wayne Rooney, mengakibatkan Mata kehilangan banyak peluang.

3. Thomas Lemar

1845843-38914091-2560-1440


Masih berumur 21 tahun, dan Lemar baru melakukan 21 kali percobaan tendangan bebas di sepanjang kariernya. Tapi dia telah berhasil mencetak 4 gol sehingga presentase keberhasilannya berada di angka 19%. Salah satu pesepakbola muda yang menaikan AS Monaco ke posisi pemuncak klasemen sementara Liga Prancis di musim ini. Memiliki masa depan yang cukup menjanjikan, Lemar dapat terus memahirkan kemampuannya. Karena, akurasi sepakannya masih jelek. Sebesar 43% lesakannya tak mengarah ke gawang.

4. Hiroshi Kiyotake

1414254674203_wps_11_epa04463235_Hannover_s_ce


Salah satu pemain yang berlaga di Bundesliga dan memperoleh rasio kesuksesan tendangan bebas yang besar. Kualitasnya itu membuat Sevilla mendatangkannya pada bursa transfer musim panas lalu. Kiyotake menghasilkan 4 gol dari 23 pecobaan tendangan bebasnya. Dia mempunyai presentase keberhasilan sebesar 17,4%. Namun, kerasnya persaingan menjadikan Kiyotake tersisih. Dia lebih sering menghuni bangku cadangan dan dirumorkan akan pulang ke kampung halamannya.

5. Robert Snodgrass

Burnley-v-Hull-City-Premier-League


Menciptakan 6 gol dari 38 kali pecobaan tendangan bebas yang diambilnya. Dengan rasio 15,8%, akurasi dari Snodgrass dilihat cukup baik karena lesakkan yang melenceng dari pecobaannya cuma 17 kali. Dengan kapasitas ini, tak kager bila West Ham United mengelontorkan dana sebesar Rp. 175 miliar untuk mendatangkan Snodgrass dari Hull City di bursa transfer musim dingin 2017 ini.

Bakatnya ini berguna untuk mengisi kekosongan skuad karena Dimitri Payet yang hengkang ke Olympique Marseille. Selain tak hanya mampu menciptakan gol langsung, tendangan bebas dari pemain berpaspor Skotlandia ini, dapat juga dioptimalkan oleh Andy Carroll dan rekan-rekannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *