Antara Simon Mignolet Ataukah David Luiz Yang Bersalah?

mignolet-luiz-2


Liga Inggris – Apa yang sudah kita tonton dari petarungan ‘Big Match’ ketika Liverpool menjamu Chelsea di Anfield Stadium, kiper Liverpool Simon Mignolet sangat dipermalukan oleh David Luiz secara jelas. Malahan ketika bek internasional asal Brasil itu melepaskan tendangan dari eksekusi tendang bebas, penglihatan mata dari Mignolet tak sama sekali fokus ke bola. Masih untung di berhasil menggagalkan tendangan penalti dari Diego Costa.

Di dalam peraturan FIFA memang dibolehkan untuk segera menendang bola freekick dengan atau tanpa adanya bunyi peluit dari wasit. Gol yang diciptakan David Luiz, juru hakim lapangan ketika itu, Mark Clattenburg malahan sudah meniup peluit. Mignolet mengira Willian yang akan melakukan tendangan bola dari freekick tersebut.

Banyak gol yang sudah terjadi dari aksi yang sama. Semasa Thierry Henry masih berseragam Arsenal, ia sering kali membuat kejadian ini. Pada tahun 2004, saat laga menghadapi Chelsea, dia secara tiba-tiba mengeksekusi bola sebelum peluit dari Graham Poll berbunyi. Jangkauan tangan dari Petr Cech pun gagal menghadang bola yang menuju ke pojok gawang. Spontan para pemain Chelsea mengelilingi Poll. Seperti biasanya, Jose Mourinho, pelatih The Blues kala itu, menyalahkan keputusan yang dibuat Poll. Di musim yang sangat krusial kala itu, The Blues berhasil menjadi juara dan Thierry Henry mendapatkan sepatu emas.

Di La Liga Spanyol, semuanya pasti masih teringat aksi dari Lionel Messi ke gawang Atletico Madrid. Saat itu kiper yang kini membela Chelsea, Thibaut Courtois saat itu masih jadi penjaga gawang dari Los Rojiblancos pada tahun 2012 lalu. Bukan merupakan posisi yang ideal untuk melesatkan freekick secara langsung, tapi ‘La Pulga’ (julukan Messi) masih tetap memilih tiang jauh sebagai tempat menjebloskan bola yang saat itu Courtois masih sibuk membuat pagar hidup di tiang dekat gawangnya. Dan akurasinya sempurna sehingga menjadi gol.

Dan lagi-lagi masih berkaitan dengan Chelsea. Kali ini terjadi di pertandingan final dari kompetisi Women FA Cup pada tahun 2012. Chelsea yang menghadapi Birmingham City di partai final itu harus meneruskan pertandingan ke babak tambahan waktu. Dan sebenarnya gol dari Kate Longhurst pada menit ke-101 itu cukup untuk membawa The Blues menjadi juara. Tapi tendangan freekick cantik dari Karen Carney yang dilesakan secara tiba-tiba cuma bisa dilihat saja oleh kiper Chelsea, Carly Telford yang juga saat itu jadi kapten The Blues. Pertandingan yang berakhir dengan kedudukan imbang 2-2 ini akhirnya dimenangkan oleh Birmingham lewat drama adu penalti.

Dan di liga Korea, penyerang dari Suwon City, yaitu Han-Won Kim juga berhasil mempermalukan kiper dari Jeonbuk Motors pada Juli tahun lalu melalui aksi yang sama. Dari jarak yang cukup jauh Kim melambungkan bola melewati atas kepala dari kiper Jeonbuk yang saat itu posisinya terlalu maju dari gawang. Dengan kejadian yang banyak terjadi seperti ini, dan peraturan dari FIFA, sepertinya David Luiz tidak bersalah, dan gol tersebut sah, karena itu juga merupakan kesalahan dari kiper yang tak fokus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *