Alot, Derby Manchester Berakhir Imbang dengan skor kacamata

9Liga Inggris – Manchester City dan Manchester United harus rela berbagi poin usai hanya mampu memetik hasil seri dengan skor kacamata dalam laga yang bertajuk derby Manchester di Etihad Stadium Jum’at (28/4) dini hari tadi.

Pertemuan ke-174 antara Manchester City dan Manchester United, yang tak banyak menyuguhkan situasi panas, akhirnya pecah di menit 84 saat Marouane Fellaini diberikan hadiah kartu merah menyusul aksinya terhadap Sergio Aguero.

Meski unggul dalam jumlah pemain, enam menit tersisa tak cukup bagi skuat berjuluk The Citizens untuk menghajar Red Devils dan harus puas berbagi angka dengan skor kacamata.

Hasil ini membuat posisi kedua kesebelasan di tangga klasemen sementara Liga Inggris tak berubah, di mana City tetap bertengger di posisi empat dengan mengemas 65 poin, dan United tetap mengekor di bawah mereka dengan hanya terpaut satu poin, yang membuat perebutan zona Liga Champions masih panas.

Jose Mourinho mengawali derby dengan kejutan saat kembali menurunkan Henrikh Mkhitaryan di sektor depan yang disokong oleh Marcus Rashford dan Anthony Martial. Walaupun, tak memberikan efek berarti usai Aguero sukses memberikan ancaman melalui umpan terobosan Kevin De Bruyne sembilan menit laga berjalan, yang masih membentur tiang gawang.

Meskipun tampil lebih dominan di 15 menit pertama, City hampir kejebolan lebih dulu ketika Claudio Bravo melakukan penyelamatan yang tidak perlu terhadap umpan Martial. Beruntung kiper Chili ini sukses menghindari penampilan memalukannya dengan mengantisipasi usaha lanjutan Mkhitaryan.

United terus menaikkan irama serangannya. Tapinya, mereka justru hampir kecolongan saat David de Gea dipaksa melakukan penyelamatan kelas dunia untuk menggagalkan sepakan keras Aguero di menit 32.

Upaya Raheem Sterling dua menit sebelum turun minum pun masih belum mampu membuahkan hasil yang membuat babak pertama berakhir dengan kedudukan kacamata.

Usai dari ruang ganti Red Devils hampir unggul dari tuan rumah. Tapinya sayang, Ander Herrera yang tak terkawal tanpa diduga membelokkan sepakan bebas Rashford menjauhi sasaran.

Finishing Sterling kemudian masih mampu diantisipasi De Gea sebelum keragu-raguan Matteo Darmian menggagalkan bola memberikan Fernandinho peluang, yang akhirnya berhasil dituntaskan oleh penggawa bertahan United.

Dengan Citizens yang mendominasi penguasaan bola, De Bruyne hampir membawa kesebelasannya memecah kebuntuan melalui sepakan jarak jauhnya sebelum satu jam laga berjalan. Sayang, upayanya masih terhalang sisi samping gawang.

Pertandingan kian memanas di tujuh menit terakhir saat Fellaini diberikan hadiah kartu merah oleh wasit saat mencegah Aguero yang hampir memecah kebuntuan dengan melanggar striker Argentina tersebut.

Tuntutan Aguero untuk mengganjar kartu kuning kedua kepada sang penggawa mengundang reaksi keras dari Fellaini, yang langsung melancarkan tandukannya kepada mesin gol City ini. Sontak, wasitpun langsung menghadiahkan kartu merah.

Unggul jumlah pemain, Pep Guardiola menurunkan Gabriel Jesus yang tampil untuk pertama kalinya semenjak dibekap cedera awal Februari lalu. Wonderkid Brasil ini langsung unjuk gigi dengan menjaringkan bola ke gawang United di masa injury time. Tapinya sayang, hakim garis menganulirnya atas pelanggaran offside.

Aguero kemudian membuang kesempatan emas untuk memberikan kemenangan kesebelasannya, yang memaksa laga berakhir imbang dan membuat persaingan perburuan posisi empat besar masih akan memanas.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Bravo (Caballero 79’); Zabaleta, Kompany, Otamendi, Kolarov; Fernandinho, Toure; Sterling (Jesus 86’), De Bruyne, Sane (Navas 80’); Aguero

Manchester United (4-3-3): De Gea; Valencia, Blind, Bailly, Darmian; Herrera, Carrick, Fellaini; Martial (Lingard 80’), Mkhitaryan (Fosu-Mensah 86’), Rashford (Young 90+)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *