4 Pesepakbola Terlupakan yang Sempat Berkostum The Red Devils

30245poster


Liga Inggris – Manchester United mempunyai salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia. Akademi sepakbola dari sang juara Premier League sebanyak 20 kali itu selalu menelurkan pesepakbola bintang. Era terbaik terjadi di tahun 1992. Giggs, David Beckham, Scholes, serta Neville bersaudara Gary dan Phil, jadi pilar utama tim dan menyumbangkan berbagai trofi bagi ‘The Red Devils’.

Setiap musimnya akademi menyiapkan pemain untuk masuk skuat utama. Tapi, sengitnya persaingan membuat para anak asuhan akademi tersebut jarang meperoleh peluang bermain. Apalagi Setan Merah sering belanja pemain bintang. Tak terasah lantaran lama duduk di bangku cadangan, para lulusan akademi itu pun terpaksa hengkang demi menyelamatkan kariernya. Beberapa diantaranya tampil cemerang bersama klub Premier League lain di musim ini. Siapa sajakah nama-nama jebolan akademi MU itu?

1. Danny Simpson

danny_simpson_qpr_hair_dryer-377050


Pernah dititipkan ke Royal Antwerp serta Sunderland, Simpson memperoleh peluang bermain pada musim 2007/2008. Dia membela United di 8 laga di semua ajang.Tapi cuma sebatas itu saja. Simpson kembali dipinjamkan ke Ipswich Town serta Blackburn Rovers sebelum hijrah permanen ke Newcastle United. Pernah bermarkas di Queens Park Rangers, Simpson memperoleh kesuksesan dengan mengirim Leicester menjadi jawara Premier League 2015/2016.

2. Josh King

king_2703138


Datang dari Norwegia sebagai pemuda berpotensi, King menimba ilmu di akademi The Red Devils selama 2 tahun sebelum naik ke skuat utama. Dia menjalani laga debutnya pada laga ajang Piala Liga Inggris kontra Wolverhampton Wanderers pada musim 2009/2010. Setelah itu King dititipkan ke Preston North End, Borussia Monchengladbach, Hull City, serta Blackburn Rovers sebelum bermain untuk United di 1 laga saja pada musim 2012/2013.

Dia akhirnya dilepas secara permanen ke Blackburn pada awal tahun 2013. Hijrah ke Bournemouth 2 tahun setelah itu, King membuktikan ketajamannya dengan membukukan 15 gol di Premier League musim ini.

3. Robbie Brady

Brady_2797825


Menimba ilmu di St. Kevin’s Boys, Akademi yang menelurkan Duff, Brady, serta Hendrick, sebelum ditawari masuk ke akademi Setan Merah pada tahun 2008. Brady berada di bench kala King menjalani laga debut. Dia harus rela menunggu sampai 2 tahun sebelum memperkuat United di skuat utama. Brady tampil sebagai pengganti pada laga kontra Newcastle United di ajang Piala Liga Inggris musim 2012/2013.

Itu merupakan satu-satunya laga Brady berkostum ‘The Red Devils’. Dia selanjutnya membela Hull serta Norwich City sebelum hijrah ke Burnley pada jendela bursa transfer musim dingin 2017 januari lalu.

4. Phil Bardsley

phil_bardsley_sunderland-380162


Potensinya diakui saat di level remaja. Bardsley pun memperoleh banyak peluang memperkuat MU. Usai debut pada laga kontra West Bromwich Albion di ajang Piala Liga Inggris musim 2003/2004, Bardsley bermain lumayan banyak pada musim 2005/2006 kala Gary Neville dibekap cedera.

Pada tahun 2007, dia hijrah ke Sunderland bersama beberapa punggawa Old Trafford lainnya. Bardsley lalu hijrah ke Stoke City 7 tahun setelah itu. Total dia memperkuat ‘Setan Merah’ dalam 18 laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *